Wednesday, June 18, 2014

Mendadak GIPI #part 2

Hari Jumat ini jadi hari awal rangkaian GIPI. Rangkaian MITI Award sudah ada di jadwal. Kegiatan pertama yang saya handle adalah pembukaan secara resmi rangkaian MITI Award hari ini. Secara teknis hanya ada 4 orang yang menghandle acara ini, saya jadi MC acara.

 "No Plan is Best plan"
Beberapa menit sebelum acara dimulai saya belum memegang susunan acara pembukaan. #jossh dan setelah ditanya kemana-mana, rundown acara belum di-print. #hakdesh.. episode nyari-nyari printer sebelum acara dimulai pun dimulai.

Rundown sudah ditangan, saatnya beraksi. Saya nge-MC deh, ditemani rekan yang baru bertemu dan kenalan di dunia nyata. Sebagai awalan pembukaan izzur tak suruh mbuka, sekaligus ngetes dia biasa kerja dengan dadakan, berpikir cepat, dan ngomong seakan-akan itu semua sudah disiapkan dengan matang padahal tanpa latihan. Hasilnya not bad, meski gak perfect menurut ukuranku, dan dari situ aku ambil keputusan untuk lebih banyak menghandel tanggung jawab MC. Sok-sokan banget, tapi memang kondisinya demikian. Malu dan ga enak sama peserta yang udah datang dari penjuru indonesia kalau ngerjain ini semua sekenanya.

Acara dimulai seperti biasa, tapi molor karena menunggu peserta dan empu yang mau ngasih sambutan dan membuka secara resmi. Acara pembukaan berakhir, semuanya berjalan dengan baik... tapi masih tidak perfect dalam ukuranku.. *bodo amat ane emang perfeksionis dan memperhatikan hal detil.

Setengah jam break acara NEURON Award dimulai. Sesuai dengan hitung-hitunganku acara presentasi masing-masing UKM Penelitian akan berakhir pukul enam sore. sedangkan ini dimulai jam 10. Panjang, iya panjang dan pasti ada titik jenuhnya. Pembukaan singkat dimulai, dan peserta sudah mulai dipanggil satu-satu untuk presentasi. Jeda waktu antar peserta presentasi biasanya "zink", sepi, dan membosankan. akhirnya memanfaatkan waktu itu ane Stand up Comedy, meski sebenarnya gak lucu.

Piala

Tentu dalam setiap perlombaan ada hadianya, pun dalam NEURON Award ini juga ada pialanya. Pialanya yang pesen siapa? sudah pesan apa belum?. Ane yang panitia dadakan baru kemarin gabung dalam kepanitiaan diserahi tanggung jawab pesen piala, hari itu juga harus selesai. sebenarnya ane yang bilang hari itu juga harus selesai. Di sela-sela nge-MC acara itu, ane kabur beberapa jam untuk mengambil piala yang sudah ane pesan kemarin, desain tulisannya sudah saya kirimkan via email ke tukang pialanya. Nah.. pas sampai di tukang pialanya dia bilang, "mas kemaren file-nya kehapus, jadi tulisan di pialanya belum ada, tapi pialanya sudah jadi" #hakdesh. Parahnya saat ke tukang piala, ane gak bawa HP dan gak bawa tas yang biasanya ada laptop-nya. #hmmmm... sejenak berpikir dan merenung... #tingting.. ide pun muncul... "mbak komputernyanya bisa dipakai? ada internetnya juga?" ane bertanya penuh harap. "ada mas" jawab mbaknya pendek.

Sejenak browsing cari logo MITI yang mau ditempel di piala, dan ndesain singkat untuk tulisan di 4 piala yang sudah dipesan. Kebetulan mas-mas yang biasa jadi tukang desain tulisan piala datang. semua tulisan dan logo sudah ada, tinggal dipoles sama masnya untuk mempercantik. 5 menit selesai, tulisan ditempel di piala.. daan... taraaa... pialanya selesai.. masalah piala selesai, saatnya  di angkut menuju tempat lomba.

Acara MIUMI
Presentasi masing-masing peserta sudah selesai, peserta sudah makan malam dan persiapan untuk istirahat. HP saya bergetar, ustadz Arif nelpon untuk bantuin nyiapin acara pertemuan asatidz MIUMI di asrama. Sejenak meluncur ke asrama, nyiapin LCD, ruangan, kursi, snack untuk asatidz. Sudah ada beberapa asatidz yang hadir untuk rapat pengurus MIUMI DIY malam itu. Saya lihat sudah ada ustadz Fauzil Adhim, ust. Ridwan Hamidi, dan beberapa asatidz lain yang gak aku kenal namanya. Persiapan sudah selesai, dan acara asatidz MIUMI DIY sudah bisa dimulai. saya pamit balik ke acara MITI lagi untuk briefing esok hari.

Besok acara puncak, acara pembukaan GIPI oleh Menteri, segenap pengurus MITI, Peneliti, dan lain-lain. Briefing singkat untuk esok hari adalah pengkondsian peserta dari penginapan ke GSP. Selesai Briefing harus segera pulang dan beristirahat. Tanggung jawab menyelesaikan ODOJ sebelum subuh harus tetep jalan, jadi emang gak boleh tidak terlalu larut, klo terlalu larut bisa bablas gak shalat malam dan ngODOJ sebelum subuh..

bersambung ke part #3

0 komentar:

Post a Comment