Sunday, October 5, 2014

Berubah

Diskusi mingguan yang berjalan beberapa minggu ini berujung dengan pembentukan lembaga riset dan kajian. kita sepakat menamainya Jogja Middle Eastern Institute. Tujuannya sederhana, hanya untuk memperkaya pemahaman, diskusi, dan perkembangan keimuan seputar Middle Eastern Studies. Yah, memang di UGM pembahasan tentang MES tidak banyak mengemuka, meski program studinya di bidang master sendiri juga ada. diskusi dan bahasan tentang bidang ini, kampus ibu kota masih lebih unggul.

hmm... di sela-sela diskusi tersebut, biasalah ada diskusi sampingan. Berbicara tentang hal-hal nostalgia awal kuliah. Obrolan mengerucut pada obrolan perubahan masing-masing secara gradual selama 5 tahun ke belakang. Ada satu statement dari temanku "klo fahmi terlihat perubahan drastisnya di awal tahun 2013. Cara bersikapnya jauh lebih dewasa dari yang sebelum-sebelumnya. Cara bicara, cara berpendapat, dan cara bersikapnya lebih tenang dan terukur".

wee? apa iya??.. dan statement itu membuatku berpikir sejenak. dan ternyata memang benar sih, awal 2013 sampai hari ini bisa merasakan perubahan bersikap. Pertanyaan di pikiran pun berlanjut, sebenarnya hal apa yang mengubahku sedemikian drastis. Padahal bacaan, teman, dan jejaring semuanya masih hampir sama.

masih berpikir untuk menemukan jawabannya.

2 Dzulhijjah 1435

0 komentar:

Post a Comment